Jenis - Jenis Jerawat yang Sering Dialami Banyak Orang dan Cara Mengatasinya

by - Januari 16, 2018

Buat kalian pernah gak sih ngerasain risihnya jerawat di wajah? Mungkin sebagian orang sudah pernah mengalami jerawat dari jaman puber atau mungkin hingga sekarang. Tapi tahukah kamu apa jenis jerawat di kulitmu? dan gak jarang karena ketidak tahuan kita mengenai jenis jerawat yang kita alami sering kali salah menggunakan perawatan atau cara mengatasinya.


Sebelumnya ada yang sudah tahu pengertian jerawat itu apa?

Menurut Wikipedia Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.  Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, “Tak ada seorangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menajdi pemicu timbulnya jerawatadalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB dan stres. 


Aku sendiri merasakan jerawat yang lebih sering timbul adalah ketika periode akan menstruasi. Di mana jerawat yang muncul memerah lebih banyak dari pada biasanya.
So mau tau jenis jerawat apa yang kamu alam dan cara penyembuhannyai. Baca blog ini sampai selesai ya... ^^

Jenis-jenis jerawat sebenarnya banyak macamnya tetapi yang akan aku tulis disini adalah jenis-jenis jerawat yang lebih sering muncul.

1. Blackhead dan Whitehead (Komedo)



Untuk jenis jerawat yang satu ini sebenarnya jenis jerawat yang paling mendasar. Mungkin ada sebagian dari kalian bertanya-tanga kenapa komedo tergolong  jerawat? Hal tersebut dikarenakakan jerawat kecil biasanya terjadi di bagaian bawah permukaan kulit,  berukuran kecil tetapi hadir dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya komedo dapat muncul ketika wajah saat sedang berminyak dan sel-sel kulit mati bercampur dan menyumbat pori-pori.


Whitehead

Blackhead

Komedo dapat menyebabkan benjolan. karena saat komedo tetap berada di bagian bawah kulit dan kepala komedo tersebut lebih mungkin muncul berwarna putih dan disebut komedo tertutup atau whitehead. Saat komedo muncul kepermukaan kulit maka minyak berlebihan yang bereaksi dengan udara luar dan keapala komedo berwarna hitam juga di sebut komedo terbuka atau blackhead.
Jadi buat kalian yang beranggapan lebih jika komedo terjadi akibat debu itu bukan ya girls, karena ada proses yang lain hingga komedo itu muncul.
Cara mengatasi :
Sebenarnya cara untuk mengobati atau mengatasinya cukup mudah girls cukup celupkan kapas pada putih telur yang sudah di tarus di wadah atau mangkok, lalu kemudian tempelkan pada bagian yang berkomedo. Diamkan beberapa saat sampai putih telunya mengering, lalu buka secra perlahan angkat. Setelah kering lalu buka secara perlahan pada bagian yang di pakai.

2. Papula

Hampir sebagian orang pernah mengalami jerawat yang satu ini. Jerawat ini sangat mudah di kenali karena bentuknya yang kecil. Jerawat ini muncul karena disebabkan pori-pori tersumbat dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah yang tersembunyi di bawah permukaan kulit. Yang perlu di waspadai dari jerawat ini adalah dapat menimbulkan iritasi pada wajah dan sekitarnya dan biasanya jerawat papula ini adalan jerawat  tahapan lanjutan dari kondisi dimana kulit mengalami komedo yang kemudian menyebabkan iritasi dan peradangan


Cara mengatasi jenis jerawat ini adalah dengan menyiasatinya menggunakan pasta gigi. Jadi caranya cukup oleskan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada wajah atau tempat yang berjerawat sebelum beranjak tidur. Karena pada pasta gigi biasanya terdapat kandungan Flurroide. Jadi Fluroide berkhasiat untuk mengurangi bengkak ataupun kemerahan pada jerawat.
Jangan pernah memencet jerawat dengan menggunakan jari karena dapat menyebabkan timbulnya bekas jerawat yang hitam. Jika tidak dapat menggunakan bahan tersebut, Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Kasus ringan mungkin memerlukan hanya mencuci wajah secara teratur dengan sabun lembut dan penerapan produk topikal seperti salep dan krim yang mengandung benzoil peroksida, Retinoid dan Asam salisilat.
Dalam kombinasi dengan agen topikal, kadang-kadang antibiotik oral juga dapat diberikan. Umumnya digunakan antibiotik untuk kondisi ini adalah Doxycycline, Minocycline, Trimethoprim, Azitromisin atau Eritromisin untuk mengontrol bakteri. Efek dari pengobatan mulai bisa dilihat setelah 6 minggu atau lebih. Oleh karena itu kita harus bersabar dan teratur dengan pengobatan. Dan biasanya obat-obat ini hanya bisa di dapatkan dengan resep dokter ya girls. ^^

3. Pustula


Pustula adalah puncak dari komedo yang meradang dan ini adalah salah satu jenis jerawat yang klasik. Pustula muncul biasanya dengan dasar besar yang bernanah dan kepala yang putih, keras, meradang dan penuh nanah. Jerawat ini berbentuk benjolan yang sama jenisnya dengan jerawat papula. Namun bedanya pada bagian puncaknya jerawat ini terdapat warna putih yang berisi nanah. Jerawat ini yang memang biasa di kenal dan sering tumbuh di area kulit.


Cara mengatasinya adalah dengan tidak menyentuh atau mengelupasi bagian jerawat karena akan menyebabkan peradangan lebih atau dapat menyebabkan bekas jerawat yang jelek di wajah. Mencuci muka dengan sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Olahraga yang teratur dan hindari stress.

4. Nodula



Nodula adalah salah satu jenis jerawat dengan ukuran yang lumayan besar dan kondisi warnanya memerah. Jenis jerawat ini biasanya dapat tumbuh pada kulit wajah dalam kurun waktu yang lumayan lama dan biasanya bisa sampai berbulan-bulan. Peradangan ini biasanya terjadi di bagian atas permukaan kulit saja namun juga pada bagian bawah permukaan kulit.

Cara mengatasinya adalah dengan datang dan berkonsultasi langsung dengan dokter kulit. Jangan menyentuh jerawat. Karena jenis jerawat ini perlu penanganan yang tepat. Dapat juga menggunakan cuka sari apel sebagai toner dengan di campurkan dengan air, perbandingannya 1:1.

5. Kistik (Jerawat batu)


Jerawat batu mirip dengan jerawat Nodula berukuran besar, berbentuk jauh di dalam kulit dan di penuhi dengan cairan jernih atau nanah. Jerawat ini di sebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormon dan lain sebagainya.  Jerawat ini seperti batu lunak, menyakitkan dan dapat meninggalkan bekas luka setelah menghilang. Jerawat ini juga cenderung mencolok dan menbuat tidak enak di lihat dan tidak nyaman.

Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi makanan berminyak, perawatan yang tepat dengan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sesuai apa yang terjadi dengan kondisi kulit anad agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Dari kelima jenis jerawat di atas manakah yang menggambarkan kondisi kulit kamu?
Dan berikut beberapa cara mengatasi jerawat dengan cara yang mudah :

Madu asli
Madu asli sudah dikenal lama sebagai bahan yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu secara langsung pada wajah baik pada bagian jerawat ataupun bekas jerawat, diamkan selama kurang lebih 15 menit atau tapi kamu bisa menggunakan semalaman hingga esok hari. Tapi ngerinya nempel-nempel gitu ya ke tempat tidur, lalu bilas dengan air bersih.

Jeruk nipis atau Lemon
Banyak orang yang memang ingin tahu apa saja jenis jenis jerawat dan cara mengobatinya. Mengobati jerawat juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti lemon atau jeruk nipis. Lemon atau jeruk nipis merupakan buah yang di dalamnya terdapat kandungan asam sitrat yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kulit. Kandungannya tersebut dapat digunakan untuk meluruhkan sel kulit mati dan juga dapat digunakan untuk membasmi kulit dari adanya jerawat bruntusan serta jerawat bintik bintik hitam serta juga dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menyediakan beberapa lemon serta kapas bola. Selanjutnya peras lemon dan gunakan airnya saja kemudian celupkan kapas dan usapkan pada seluruh permukaan wajah. Jika sudah biarkan hingga kering dan meresap pada kulit. Setelah itu baru dapat dibilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka cara ini harus dilakukan secara rutin.

Buah Pepaya
Dan untuk bahan alami selanjutnya yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah buah pepaya. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menghaluskan buah pepaya terlebih dahulu hingga teksturnya seperti bubur pepaya. Setelah itu ratakan pada permukaan wajah dan jadikan seperti masker. Jika sudah maka dapat langung dibilas dengan menggunakan air bersih.

Es Batu
Cara alami yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan es batu. Ketika jerawat meradang dan terjadi iritasi pada permukaan kulit sehingga terjadilah kemerahan pada kulit maka sebaiknya diatasi dengan menggunakan es batu yang di oles oleskan pada permukaan jerawat yang meradang. Es batu dapat digunakan untuk merileksasi kulit yang sedang meradang akibat jerawat. Ini merupakan langkah utama yang dapat dilakukan sebelum melanjutkan perawatan jerawat berikutnya.

Mentimun
Mentimun memiliki kadar air cukup banyak yang dapat memperlancar saluran pada pori-pori wajah. Caranya yaitu dengan mengiris beberapa potong mentimun lalu tempelkan pada wajah anda yang berjerawat.

Rutin membersihkan wajah
Selain menggunakan bahan alami, prinsip dasar yang harus anda lakukan untuk mengatasi jerawat yakni dengan rutin membersihkan wajah. Dengan rutin membersihkan wajah akan terhindar dari kotoran-kotoran yang menumpuk pada bagian wajah anda. Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda.

Perawatan Wajah
Selain menggunakan bahan-bahan alami, tidak ada salahnya jika anda juga mencoba untuk melakukan perawatan wajah pada dokter kulit maupun klinik kecantikan. Karena untuk mendapatkan wajah yang bersih tidak hanya bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami, tapi terkadang juga membutuhkan alat-alat tertentu yang bisa digunakan untuk membersihakn wajah secara optimal.

Dan cara menghindari timbulnya jerawat sangat mudah di lakukan dianataranya : 
  • Memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda
  • Mengurangi tidur larut malam
  • Mengurangi rokok
  • Hindari makanan berupa gorengan, coklat, alkohol, kopi serta kacang-kacangan
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya resiko stress karena stress akan menyebabkan penderitanya mengkonsumis makanan yang berlemak
  • Bersihkan layar ponsel anda, karena tanpa anda sadari ada banyak bakteri yang menempel pada kulit wajah anda jika anda sering bertelponan dalam kondisi layar ponsel anda kotor.

Point penting dalam mengatasi dan mencegah jerawat adalah dengan melakukan kegiatan seperti perawatan yang rutin, baik dengan bahan-bahan alami seperti diatas  yang sederhana ataupun dengan perawatan dengan dokter sepsialis kulit.

Thank you for reading my blog, semoga bermanfaat. Kalau ada masukan jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya. ^^


How contact me :
IG : @revanisanabella | Youtube : Reva Nisa Nabella

You May Also Like

2 komentar