9 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Perut Saat Menstruasi/Haid (Disminore)

by - Desember 16, 2017

Hai Beautiessss....! ^^


Welcome back to my blog, kali ini aku gak mau review produk apalagi ngomongin masalah make up. Tapi kali ini aku mau bahas sedikit tentang gimana cara mengatasi nyeri ketika menstruasi. Nah di bahasan ini aku akan memberi Tips 9 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Perut Saat  Menstruasi/Haid (Disminore)Karena pasti sebagian wanita seringkali merasa kesakitan di area perut saat sedang menstruasi kan?

Oke sebelum aku bahas satu-satu ada yang tahu gak pengertian menstruasi/haid dan nyeri menstruasi itu apa sih?


Menstruasi, haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.
Gejala-gejala yang umum dan sering dialami wanita ketika menstruasi :
·         Payudara nyeri dan mengalami bengkak
·         Mengalami pusing
·         Nyeri pada perut bagian bawah
·         Kembung
·         Depresi
·         Kelelahan 

Sedangkan Nyeri haid atau dismenorea adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami menstruasi. Nyeri yang dirasakan terkadang bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama dua hingga tiga hari.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Penyebab Munculnya Nyeri Haid pada Wanita
Nyeri haid disebabkan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut.
Sembilan dari sepuluh wanita akan mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman saat mengalami menstruasi/Haid. Kondisi ini sangat umum terjadi, rasa sakit atau nyeri yang muncul memiliki pengaruh berbeda-beda pada tiap wanita.
Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri ketika menstruasi/haid. :

1. Berbaring

Apabila rasa nyeri mulai muncul saat menstruasi/haid, maka kamu dapat merebahkan tubuh terlebih dahulu di kasur atau sofa. Biasanya, rasa nyeri timbul pada bagian punggung sehingga dengan berbaring maka rasa nyeri akan berkurang. Gunakanlah bantal di bawah lutut untuk menyangganya dan ambillah napas panjang kemudian hempaskan. Lakukanlah hal ini secara berulang sampai kamu merasa lebih nyaman.

2. Pijatan Lembut


Pemijatan ringan dapat dilakukan pada bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang. Lakukakan juga pemijatan secara hati-hati pada otot sekitar pusar dengan cara mencubit . Anda juga bisa menyempurnakan pijatan ringan di sebelah otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah. 

3. Makanan Sehat


Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, ikan,labu dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati.

4. Kompres Perut



Anda dapat mengompres perut dan punggung bawah dengan menggunakan bantalan pemanas / buli-buli panas atau juga bisa menggunakan botol berisi air panas. Seperti Masukkan air hangat ke dalam botol kemudian kompreskan pada daerah perut maka rasa nyeri akan berkurang. Mengompres bagian perut akan membuatnya rileks dan otot-otot pun tidak menegang lagi.

5. Olahraga Ringan Secara Teratur


Aktivitas sederhana atau olahraga ringan akan mengurangi rasa nyeri saat haid. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, Dengan melakukan jalan kaki, Anda dapat membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, lakukan selama 30 menit secara teratur. Namun, jangan memaksakan diri apabila memang kemampuannya tidak sampai. Lakukan saja olahraga yang ringan tapi dengan teratur akan lebih membantu.


Jogging juga bisa menjadi alternatif untuk meringankan nyeri haid. Dengan jogging, anda akan memperlancar aliran darah sekaligus dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Alternatif lainnya yaitu yoga. Berguna dalam mengatur pernapasan saat menstruasi. Selain itu, yoga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah.

6. Mandi Air Hangat


Cara sedeharhana lainnya bisa lakukan dengan mandi air hangat. Apabila biasanya, kamu mandi dengan air dingin atau air biasa, maka gantilah dengan air hangat untuk sementara atau selama haid. Mandi dengan air hangat akan membuat santai tubuh kita karena akan membantu merelaksasi sehingga mengurangi rasa nyeri yang ada.

7. Minum Jamu



Untuk sebagian orang mempercayakan kesehatannya pada obat tradisional atau jamu karena cara menghilangkan nyeri haid dengan herbal memang kadang terbukti sangat ampuh dan efektif. Kamu dapat membuat sendiri jamu itu di rumah  dengan mudah yaitu. kamu bisa menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan merebusnya. Sisakan air hingga menjadi setengah baru kemudian disaring terlebih dahulu dan airnya dapat diminum 2 kali sehari.

8. Jauhi Makanan Berlemak dan bersoda


Mengonsumsi makanan berlemak dan kurang serat, lemak yang berlebih akan susah dipecah oleh tubuh. Kondisi itu dapat berlanjut pada terjadinya gangguan hormon. Demikian juga dengan pola makan, yang tidak teratur dan mengonsumsi zat-zat tambahan sintetis pada makanan. Satu jenis makanan lagi yang harus dihindari adalah makanan cepat saji atau fast food. Makanan cepat saji banyak sekali mengandung lemak, apalagi pada sajian fried chicken.

9. Konsultasikan Ke Dokter


Jika dengan cara-cara sederhana tadi masih terasa sakit, pilihan ini bisa menjadi alternatif terakhir anda. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan merasakan nyeri tetapi jika nyeri tidak hilang dan sangat mengganggu bisa jadi awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi. Sehingga pemeriksaan dokter akan membantu untuk mengetahui lebih awal dan memberikan penanganan yang tepat.
Bagaimana Mudah bukan Tips 9 Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat  Menstruasi/Haid (Disminore) di atas untuk di lakukan? Thanks for reading my Tips Jangan lupa beri Comment juga ya tips mengatasi nyeri Menstruasi/haid pertama ala kalian beautiesss... semoga bermanfaat!  ^^








You May Also Like

1 komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus